Mengapa ban mobil anda harus secara rutin dirotasi? Tujuan utamanya hanya satu yaitu agar usia pakai ban mobil lebih panjang dengan memabgi secara rata kebotakan pada tiap-tiap ban.
Pertama: Ban depan lebih cepat aus (botak) dibanding ban belakang
Biasanya ban depan (terutama untuk mobil berpenggerak roda depan) akan lebih cepat aus (botak). Hal ini disebabkan karena ban depan menjadi Direct Executor dalam manuver mobil. Contohnya:
- Ketika mobil mulai bergerak, ban depanlah yang "menarik" (Front Wheel Drive).
- Manuver saat berparkir, menggerakan roda depan untuk mendapat posisi ideal.
- Beban mobil saat pengereman sebagian besar tertumpu pada kedua roda depan.
- Membelok saat mobil melaju juga mengikis ban depan lebih daripada ban belakang.
Kadang kebotakan pada sebuah ban mobil tidak merata (Uneven Tyre Wear). Bisa botak di sisi luar atau dalamnya saja. Biasanya ini disebabkan oleh Wheel Alignment yang kurang baik. Untuk solusinya anda butuh melakukan Spooring. Bila kemudi terasa menarik ke satu sisi (kanan atau kiri) itu adalah satu indikasi kuat mobil anda membutuhkan Spooring. Spooring hanya dilakukan pada kedua roda depan saja.
Aturan Merotasi Ban untuk mobil Front Wheel Drive (penggerak roda depan): 1. Ban depan kanan menjadi ban cadangan 2. Ban depan kiri mundur ke belakang kiri 3. Ban belakang kanan maju ke depan kiri (Cross) 4. Ban belakang kiri maju ke depan kanan (Cross) 5. Ban cadangan menjadi ban belakang kanan | |
Aturan Merotasi Ban untuk mobil Rear Wheel Drive (penggerak roda belakang ) dan Four Wheel Drive (penggerak empat roda): 1. Ban depan kanan mundur ke belakang kiri (Cross) 2. Ban depan kiri menjadi ban cadangan 3. Ban belakang kanan maju ke depan kanan 4. Ban belakang kiri maju ke depan kiri 5. Ban cadangan menjadi ban belakang kanan |
Ban mobil termasuk
Merek & Tipe | Harga (dalam Rupiah) |
BRIDGESTONE | |
DUELER | |
235/75 SR 15 D - 689T | Rp 999.000 |
235/70 SR 15 D - 683T | Rp 985.000 |
235/60 HR 16 D - 687T | Rp 1.483.000 |
215/65 HR 16 D - 689T | Rp 1.054.000 |
215/65 HR 16 D - 684T | Rp 1.079.000 |
215/60 HR 17 D - 687T | Rp 1.295.000 |
225/65 SR 17 D - 687T | Rp 1.332.000 |
265/65 HR 17 D - 684T | Rp 1.368.000 |
POTENZA | |
195/60 VR 15 RE 88T | Rp 1.341.000 |
185/55 VR 15 E - 030T | Rp 1.306.000 |
TURANZA | |
205/60 HR 16 ER - 300 | Rp 1.300.000 |
185/55 HR 16 ER - 37 | Rp1.156.000 |
205/65 HR 15 ER - 60T | Rp1.042.000 |
195/65 HR 15 ER - 60T | Rp 1.035.000 |
195/55 VR 15 ER - 30T | Rp 1.136.000 |
TECHNO | |
195/70 SR 15 S - 350T | Rp 1.088.000 |
195/70 SR 14 S - 236T | Rp 921.000 |
175/70 SR 13 S - 350T | Rp 853.000 |
185/80 SR 14 S - 248T | Rp 605.000 |
REGNO | |
195/65 VR 15 S - 235T | Rp 1.048.000 |
205/65 HR 15 S - 325T | Rp 1.188.000 |
B-SERIES | |
205/65 SR 15 B- 390T | Rp 1.131.000 |
175/65 TR 14 B- 391T | Rp 803.000 |
185/70 SR 14 B- 250T | Rp 787.000 |
165/60 SR 13 B- 391T | Rp 448.000 |
155/70 SR 12 B- 390T | Rp 443.000 |
215/65 VR16 | Rp. 1.235.000 |
DUELER | |
225/65 SR 17 D-687T | Rp 1857.000 |
275/70 HR 16 D-680T | Rp 2136.000 |
265/70 SR 16 D-840T | Rp 1.893.000 |
235/70 HR 16 D- 680T | Rp 1.856.000 |
245/70 SR 16 D-693 | Rp 1.426.000 |
215/70 SR 16 D-680T | Rp 1.790.000 |
205/80 SR 16 D-689T | Rp 996.000 |
275/60 VR 18 Dueler H/P Sport | Rp 2.394.000 |
285/60 VR 18 Dueler H/P Sport | Rp 3.139.000 |
TURANZA | |
215/55 VR 17 ER - 33T | Rp 1.768.000 |
215/60 HR 16 ER - 37 | Rp 1.748.000 |
205/55 VR 16 ER - 30T | Rp 1.735.000 |
195/55 VR16 - 30T | Rp 1.437.000 |
235/60 VR 18 ER - 42 | Rp 3.044.000 |
235/55 HR 17 EL - 42 | Rp 3.288.000 |
POTENZA | |
185/60 HR 15 E-080T | Rp 996.000 |
185/60 HR 15 E - 080T | Rp 1.036.000 |
215/45 VR 17 RE - 050 | Rp 2.758.000 |
215/50 VR 17 RE - 050 | Rp 3.713.000 |
245/40 VR 19 RE -050 | Rp 5.528.000 |
225/40 VR 18 RE - 050 | Rp 4.615.000 |
245/45 VR 17 RE - 050 | Rp 3.953.000 |
225/50 VR 17 RE - 050 | Rp 4.533.000 |
225/45 VR 18 RE - 040 | Rp 3.310.000 |
CONTINENTAL | |
COMFORT CONTACT 1 (CC1) | |
175/70/HR13 | Rp. 538.573 |
185/60/HR14 | Rp. 701.800 |
185/65/HR14 | Rp. 710.914 |
185/55/HR15 | Rp. 820.286 |
195/60/VR15 | Rp. 865.858 |
195/55/VR15 | Rp. 865.858 |
195/55/VR15 | Rp. 865.858 |
205/60/VR15 | Rp. 957.001 |
195/65/VR15 | Rp. 820.286 |
205/65/VR15 | Rp. 865.858 |
215/55/VR16 | Rp. 952.859 |
225/55/VR16 | Rp. 994.286 |
215/60/VR16 | Rp. 1.160.001 |
235/60/VR16 | Rp. 1.126.858 |
215/50/VR17 | Rp. 1.139.287 |
215/55/VR17 | Rp. 1.139.287 |
DUNLOP | |
SP 10 (SR RANGE 80) | |
165 SR SP10 | Rp. 372.000 |
185/80 SR14 | Rp.510.200 |
SP10 (SR RANGE 70) | |
185/70 SR14 | Rp.659.200 |
SP10 (SR RANGE 65) | |
185/65 SR15 | Rp. 659.000 |
HIMAX (SR RANGE 70) | |
185/70 SP13 | Rp. 554.400 |
185/70 SR14 | Rp. 630.900 |
SP 70 (SR RANGE 70) | |
165/70 SR13 | Rp. 474.100 |
SP 70e (SR RANGE 70) | |
175/70 SR12 | Rp. 427.000 |
175/70 SR13 | Rp. 521.200 |
185/70 SR13 | Rp. 558.200 |
185/70 SR14 | Rp. 634.100 |
195/70 SR14 | Rp. 677.500 |
SP 65i ( SR RANGE 65 ) | |
165/65 SR 13 | Rp. 548.000 |
SP 65e ( SR RANGE 65 ) | |
185/65 SR14 | Rp 630.400 |
195/65 SR 14 | Rp 662.000 |
195/65 SR 15 | Rp 730.400 |
205/65 SR 15 | Rp 788.000 |
SP LM703 (HR RANGE 65) | |
175/65 HR14 | Rp. 697.300 |
185/65 HR13 | Rp. 640.800 |
185/65 HR14 | Rp. 790.200 |
195/65 HR14 | Rp. 754.300 |
195/65 HR15 | Rp. 905.800 |
205/65 HR15 | Rp. 959.400 |
SP LM703 (HR RANGE 60) | |
185/60 HR13 | Rp. 644.500 |
185/60 HR14 | Rp. 798.400 |
195/60 HR14 | Rp. 843.200 |
195/60 HR15 | Rp. 904.400 |
205/60 HR14 | Rp. 804.600 |
205/60 HR15 | Rp. 902.900 |
SP LM703 N(HR RANGE 60) | |
195/55 VR15 | Rp. 945.600 |
D80V4 (HR RANGE) 65 | |
205/65 HR15 | Rp. 1.010.700 |
DIGNOS (VR RANGE 60) | |
195/60 VR14 | Rp. 850.000 |
FALKEN | |
AZENIS RT-615 | |
195/60/R14 | Rp. 1.330.176 |
205/50R15 | Rp. 1.604.036 |
225/50/R16 | Rp. 2.851.224 |
215/45/R16 | Rp. 2.392.420 |
205/40/R16 | Rp. 2.027.274 |
215/45/R17 | Rp. 2.611.745 |
225/45/R17 | Rp. 2.963.851 |
245/45/R17 | Rp. 3.237.711 |
205/40/R17 | Rp. 2.361.596 |
215/40/R17 | Rp. 2.507.418 |
235/40/R17 | Rp. 2.757.567 |
255/45/R18 | Rp. 3.391.831 |
275/40/R17 | Rp. 3.920.582 |
225/45/R18 | Rp. 2.871.379 |
225/45/R18 | Rp. 2.871.379 |
225/40/R18 | Rp. 2.826.328 |
235/40/R18 | Rp. 3.146.424 |
245/40/R18 | Rp. 4.276.244 |
255/40/R18 | Rp. 4.867.828 |
295/40/R18 | Rp. 5.787.808 |
265/35/R18 | Rp. 4.323.665 |
275/35/R18 | Rp. 4.446.962 |
315/30/R18 | Rp. 7.154.736 |
FK 452 16 INCI | |
225/60/WR16 | Rp. 1.701.250 |
235/60/WR16 | Rp. 1.867.226 |
205/55/ZR16 | Rp. 1.497.337 |
215/55/ZR16 | Rp. 1.796.094 |
255/55/ZR16 | Rp. 1.861.298 |
19 INCI | |
245/45/R19 | Rp. 3.691.440 |
245/40/R19 | Rp. 3.532.853 |
245/40/ZR19 | Rp. 3.785.735 |
275/40/ZR19 | Rp. 4.334.361 |
215/35/ZR19 | Rp. 2.821.353 |
225/35/ZR19 | Rp. 2.954.223 |
235/35/R19 | Rp. 3.050.662 |
245/35/R19 | Rp. 3.287.662 |
275/35/ZR19 | Rp. 3.791.093 |
285/35/ZR19 | Rp. 4.066.477 |
265/30/ZR19 | Rp. 3.527.495 |
275/30/R19 | Rp. 3.634.648 |
GT RADIAL | |
CHAMPIRO HPX 35 | |
215/35 ZR18 | Rp. 1.348.000 |
245/35 ZR19 | Rp. 2.360.000 |
245/35 ZR20 | Rp. 2.865.000 |
CHAMPIRO HPY 35 | |
265/35 ZR 18 97Y | Rp 1.950.000 |
225/35 ZR 19 88Y | Rp 1.900.000 |
235/35 ZR 19 91Y | Rp 2.000.000 |
255/35 ZR 19 96Y | Rp 2.200.000 |
255/35 ZR 20 97Y | Rp 2.300.000 |
CHAMPIRO HPX 40 | |
205/40 ZR17 | Rp.1.122.000 |
215/40 ZR17 | Rp. 1.184.000 |
225/40 ZR18 | Rp. 1.418.000 |
235/40 ZR18 | Rp. 1.534.000 |
CHAMPIRO HPY 40 | |
245/40 ZR 17 95Y | Rp 1.600.000 |
225/40 ZR 18 92Y | Rp 1.425.000 |
235/40 ZR 18 95Y | Rp 1.550.000 |
255/40 ZR 96Y | Rp 2.100.000 |
CHAMPIRO 40 | |
205/40 ZR17 | Rp. 980.000 |
215/40 ZR17 | Rp. 1.032.000 |
CHAMPIRO HPX 45 | |
205/45 ZR17 | Rp. 1.035.000 |
215/45 ZR17 | Rp. 1.088.000 |
225/45 ZR17 | Rp. 1.157.000 |
235/45 ZR17 | Rp. 1.259.000 |
245/45 ZR17 | Rp. 1.305.000 |
245/45 ZR18 | Rp. 1.460.000 |
CHAMPIRO HPY 45 | |
215/45 R17 | Rp. 1.190.000 |
225/45 ZR17 | Rp. 1.275.000 |
235/45 R17 | Rp. 1.300.000 |
225/45 ZR 18 | Rp 1.480.000 |
235/40 ZR 18 | Rp 1.550.000 |
CHAMPIRO HPX 50 | |
195/50 ZR15 | Rp. 823.000 |
235/45 ZR16 | Rp.920.000 |
245/45 ZR17 | Rp. 984.000 |
CHAMPIRO HPY 50 | |
235/50 ZR 18 | Rp. 1.800.000 |
CHAMPIRO 50 | |
195/50 R15 | Rp. 688.000 |
205/50 R15 | Rp. 710.000 |
195/50 R16 | Rp. 716.000 |
205/50 R16 | Rp. 780.000 |
225/50 R16 | Rp. 890.000 |
CHAMPIRO 55 | |
185/55 R14 | Rp. 614.000 |
185/55 R15 | Rp. 658.000 |
195/55 R15 | Rp. 664.000 |
205/55 R16 | Rp. 782.000 |
215/55 R16 | Rp. 804.000 |
225/55 R16 | Rp. 833.000 |
CHAMPIRO HPX 55 | |
205/55 ZR16 | Rp.940.000 |
515/55 ZR16 | Rp. 1.010.000 |
225/55 ZR17 | Rp. 1.055.000 |
CHAMPIRO HPX 60 | |
225/60 ZR16 | Rp. 1.023.000 |
235/60 ZR16 | Rp. 1.050.000 |
CHAMPIRO BAX 50 | |
195/50 R15 | Rp.810.000 |
205/50 R15 | Rp. 834.000 |
205/50 R16 | Rp. 921.000 |
CHAMPIRO BAX 55 | |
185/55 R14 | Rp. 724000 |
185/55 R14 | Rp. 757.000 |
195/55 R15 | Rp. 793.000 |
205/55 R15 | Rp. 875.000 |
205/55 R16 | Rp. 929.000 |
215/55 R16 | Rp.955.000 |
CHAMPIRO BAX 60 | |
195/60 R15 | Rp.723.000 |
205/60 R15 | Rp. 781.000 |
225/60 R15 | Rp. 901.000 |
205/60 R16 | Rp. 909.000 |
215/60 R16 | Rp. 930.000 |
225/60 R16 | Rp. 980.000 |
CHAMPIRO GTX 60 | |
185/60 R14 | Rp. 632.000 |
195/60 R14 | Rp. 677.000 |
195/60 R15 | Rp. 738.000 |
205/60 R15 | Rp. 797.000 |
215/60 R15 | Rp. 838.000 |
225/60 R15 | Rp. 896.000 |
205/60 R16 | Rp.958.000 |
225/60 R16 | Rp. 1.043.000 |
CHAMPIRO GTX 65 | |
185/65 R13 | Rp. 593.000 |
185/65 R14 | Rp. 633.000 |
195/65 R14 | Rp. 691.000 |
205/65 R14 | Rp. 765.000 |
195/65 R15 | Rp.798.000 |
CHAMPIRO BXT 60 | |
175/60 R13 | Rp. 487.000 |
185/60 R13 | Rp. 527.000 |
185/60 R14 | Rp. 534.000 |
185/60 R14 | Rp. 620.000 |
195/60 R14 | Rp. 668.000 |
185/60 R15 | Rp. 694.000 |
195/60 R15 | Rp. 752.000 |
205/60 R15 | Rp. 894.000 |
205/60 R16 | Rp. 805.000 |
225/60 R16 | Rp. 950.000 |
CHAMPIRO BXT 65 | |
165/65 R13 | Rp. 507.000 |
175/65 R13 | Rp. 515.000 |
175/65 R14 | Rp. 534.000 |
185/65 R14 | Rp. 592.000 |
195/65 R14 | Rp. 648.000 |
195/65 R15 | Rp. 725.000 |
205/65 R15 | Rp. 753.000 |
215/65 R15 | Rp. 808.000 |
215/65 R16 | Rp. 854.000 |
CHAMPIRO GTX 65 | |
185/65 R 13 | Rp 593.000 |
185/65 R 14 | Rp. 633.000 |
195/65 R 14 | Rp. 691.000 |
195/65 R 15 | Rp. 765.000 |
205/65 R 15 | Rp.798.000 |
CHAMPIRO GTR 378 | |
175/70 R12 | Rp. 463.000 |
155/70 R12 | Rp. 401.000 |
175/70 R13 | Rp. 484.000 |
185/70 R13 | Rp. 543.000 |
185/70 R14 | Rp. 576.000 |
195/70 R14 | Rp. 694.000 |
205/70 R14 | Rp. 710.000 |
235/70 R15 | Rp. 949.000 |
CLASSIRO 70 | |
155/70 R12 | Rp. 397.000 |
175/70 R13 | Rp. 468.000 |
155/70 R13 | Rp. 401.000 |
165/70 R13 | Rp. 454.000 |
175/70 R13 | Rp. 484.000 |
185/70 R14 | Rp. 543.000 |
185/70 R14 | Rp. 578.000 |
195/70 R14 | Rp. 604.000 |
205/70 R15 | Rp. 710.000 |
235/70 R15 | Rp. 709.000 |
CHAMPIRO 75 | |
185/75 R 14 | Rp. 667.000 |
195/75 R 14 | Rp. 733.000 |
MICHELIN | |
XM1 | |
13 inci | |
165/65 R 13 77H | Rp. 523.000 |
175/70 R 13 82 H | Rp. 512.000 |
185/70 R 13 86H | Rp. 546.000 |
165/80 R 13 83S | Rp. 515.000 |
ENERGY XM1 | |
14 inci | |
185/60 R14 82H | Rp. 718.500 |
195/60 R14 86H | Rp. 750.000 |
175/65 R14 82H | Rp. 627.000 |
185/65 R14 86H | Rp. 722.000 |
195/65 R14 89H | Rp. 741.000 |
185/70 R14 88H | Rp. 608.000 |
195/70 R14 91H | Rp. 637.000 |
205/70 R14 98H | Rp. 819.000 |
15 inci | |
195/60 R15 88H | Rp. 832.000 |
205/60 R15 91H | Rp. 869.000 |
185/60 R15 88H | Rp. 762.000 |
195/60 R15 91H | Rp. 836.000 |
205/60 R15 94H | Rp. 874.000 |
215/60 R15 96H | Rp. 918.000 |
205/60 R15 96H | Rp. 807.000 |
16 inci | |
215/60 R16 95H | Rp. 1.023.000 |
215/65 R16 98H | Rp. 893.000 |
PRIMACY LC | |
15 inci | |
195/50 R 15 82V | Rp 887.000 |
195/55 R 15 85V | Rp 906.000 |
195/60 R 15 88V | Rp 938.000 |
195/65 R 15 91V | Rp 900.000 |
205/60 R 15 91V | Rp 981.000 |
205/65 R 15 94V | Rp 943.000 |
16 inci | |
205/50 R16 87W | Rp. 1.048.000 |
205/55 R16 91W | Rp. 1.041.500 |
215/60 R16 95W | Rp. 1.158.000 |
235/60 R16 100W | Rp. 1.320.000 |
17 inci | |
215/45 R17 91W | Rp. 1.023.000 |
215/60 R17 96W | Rp. 1.188.000 |
215/60 R117 96V | Rp. 1.181.000 |
18 inci | |
225/45 R18 91W | Rp. 1.273.000 |
235/50 R18 97W | Rp. 1.529.000 |
PILOT PRECEDA PP2 | |
15 inci | |
195/50 R15 82V | Rp. 932.000 |
185/55 R15 82V | Rp. 907.000 |
195/55 R15 85V | Rp. 882.000 |
195/60 R15 88V | Rp. 986.000 |
205/60 R15 91V | Rp. 1.040.000 |
16 inci | |
205/45 ZR16 87W | Rp. 1.303.000 |
195/50 ZR16 84W | Rp. 1.027.000 |
205/50 ZR16 87W | Rp. 1.094.000 |
225/50 ZR16 92W | Rp. 1.259.000 |
205/55 ZR16 91W | Rp. 1.129.000 |
215/55 R16 94W | Rp. 1.475.000 |
225/55 ZR16 95W | Rp. 1.423.000 |
215/60 R16 95V | Rp. 1.341.500 |
17 inci | |
205/40 ZR17 84W | Rp. 1.340.000 |
215/40 ZR17 87W | Rp. 1.448.000 |
225/40 ZR17 91W | Rp. 1.975.000 |
205/45 ZR17 88W | Rp. 1.448.000 |
205/50 ZR17 89W | Rp. 1.117.000 |
215/50 ZR17 95W | Rp. 1.727.000 |
225/50 R17 94Y | Rp. 1.725.500 |
215/55 ZR17 94W | Rp. 1.896.500 |
18 inci | |
265/35 ZR18 93W | Rp. 3.058.000 |
225/40 ZR18 92W | Rp. 2.032.000 |
235/40 R17 95W | Rp. 2.226.000 |
245/40 ZR17 97W | Rp. 1.800.000 |
225/45 ZR8 95W | Rp. 2.226.000 |
245/45 ZR18 96W | Rp. 2.038.000 |
235/50 ZR18 97W | Rp. 2.565.000 |
19 inci | |
235/35 ZR19 87W | Rp. 3.409000 |
225/45 ZR19 96W | Rp. 2.270.000 |
PILOT SPORT 3 | |
15 inci | |
195/50 R 15 82V | Rp. 944.000 |
195/55 R 15 85V | Rp. 969.000 |
16 inci | |
205/50 R 16 87W | Rp. 1.194.000 |
225/50 ZR 16 92W | Rp. 1.307.000 |
205/55 R 16 91W | Rp. 1.194.000 |
215/55 R 16 93W | Rp. 1.285.000 |
17 inci | |
245/40 ZR 17 91Y | Rp 1.535.000 |
215/45 R 17 91W | Rp 1.250.0000 |
225/45 ZR 17 91W | Rp 1.364.000 |
235/45 ZR 17 97W | Rp 1.478.000 |
245/45R 17 99Y | Rp 1.648.000 |
205/50 ZR 17 89W | Rp 1.194.000 |
215/50 ZR 1791W | Rp 1.535.000 |
225/20 ZR 17 94W | Rp 1.557.000 |
215/55 R 17 94W | Rp. 1.487..000 |
18 inci | |
255/35 ZR18 94Y | Rp. 2.387.000 |
265/35 ZR 18 97Y | Rp. 2.569.000 |
275/35 ZR 18 99Y | Rp. 2.773.000 |
285/35 ZR 18 101Y | Rp. 3.000.000 |
225/40 ZR 18 88W | Rp. 1.728.000 |
MULTISTRADA ARAH SARANA | |
ATR SPORT ( 45 SERIES ) | |
195/45 R16V | Rp 740.000 |
205/45 R 16 W | Rp 840.000 |
205/45 R 17W | Rp 910.000 |
215/45 R 17W | Rp 929.000 |
225/45 R 17W | Rp 960.000 |
235/45 R 17W | Rp 1.001.000 |
245/45 R 17W | Rp 1.040.000 |
225/45 R 18W | Rp 1.170.000 |
245/45 R 18W | Rp 1.192.000 |
ATR DH - UHP ( 45 SERIES ) | |
245/45 R 20V | Rp 2.159.000 |
255/45 R 20V | Rp 2.250.000 |
275/45 R 20V | Rp 2.431.000 |
285/45 R 20V | Rp 2.900.000 |
ATR SPORT ( 40 SERIES ) | |
205/40 R 17W | Rp 970.000 |
205/40 R 17W | Rp 950.000 |
255/40 R 17W | Rp 1.055.000 |
215/40 R 18W | Rp 1.024.000 |
225/40 R 18 W | Rp 1.115.000 |
235/40 R 18W | Rp 1.220.000 |
245/40 R 18W | Rp 1.290.000 |
ATR SPORT ( 35 SERIES ) | |
215/35 R 18W | Rp 1.215.000 |
365/35 R 18W | Rp 1.633.000 |
225/35 R 19W | Rp 1.585.000 |
235/35 R 19W | Rp 1.642.000 |
245/35 R 19W | Rp 1.690.000 |
225/35 R 20W | Rp 1.780.000 |
245/35 R 20W | Rp 1.910.000 |
255/35 R 20W | Rp 2.000.000 |
ATR SPORT ( 30 SERIES ) | |
265/30 R 19W | Rp 1.730.000 |
275/30 R 19W | RP 1.780.000 |
225/30 R 20W | Rp 2.052.000 |
235/30 R 20W | Rp 2.377.000 |
245/30 R 20W | Rp 2.545.000 |
255/30 R 20W | RP 2.590.000 |
275/30 R 20V | Rp 2.623.000 |
C MULTI V ( 65 SERIES ) | |
195/65 R 16C | Rp 813.000 |
205/65 R 16C | Rp 837.000 |
225/65 R 16C | Rp 990.000 |
235/65 R 16C | Rp 1.075.000 |
CORSA 60 ( 60 SERIES ) | |
185/60 R 14H | Rp 515.000 |
195/60 R 14H | Rp 565.000 |
175/60 R 15H | Rp 580.000 |
195/60 R 15H | Rp 615.000 |
205/60 R 15H | Rp 665.000 |
195/60 R 16H | Rp 830.000 |
205/60 R 16H | Rp 858.000 |
225/60 R 16V | Rp 879.000 |
CORSA 55 ( 55 SERIES ) | |
185/55 R 15H | Rp 681.000 |
195/55 R 15H | Rp 710.000 |
205/55 R 16W | Rp 785.000 |
215/55 R 16W | Rp 878.000 |
225/55 R 16W | Rp 910.000 |
215/55 R 17V | Rp 975.000 |
CORSA 2233 ( 50 SERIES ) | |
195/50 R 15V | Rp 777.000 |
215/50 R 16W | Rp 811.000 |
205/50 R 17W | Rp 934.000 |
215/50 R 17W | Rp 960.000 |
225/50 R 17V | Rp 1.003.000 |
CORSA 223 ( 45 SERIES ) | |
205/45 R 16W | Rp 790.000 |
205/45 R 17W | Rp 910.000 |
215/45 R 17W | Rp 929.000 |
225/45 R 17W | Rp 960.000 |
DURAGRIP | |
165 R 13C 8PR | Rp 465.000 |
175 R 13C 8PR | Rp 513.000 |
185 R 14C 8PR | Rp 621.000 |
195 R 14C 8PR | Rp 762.000 |
205/70 R 14C 8PR | Rp 739.000 |
STRADA ( 80 SERIES ) | |
155/80 R 13T | Rp 381.000 |
STRADA ( 70 SERIES ) | |
155/70 R 13T | Rp 381.000 |
165/70 R 13T | Rp 408.000 |
175/70 R 13T | Rp 426.000 |
STRADA ( 65 SERIES ) | |
165/65 R 14T | Rp 499.000 |
185/65 R 14T | Rp 520.000 |
205/65 R 15H | Rp 711.000 |
ACH MULTIVAN ( 65 SERIES ) | |
195/65 R16 | Rp 813.000 |
205/65 R 16 | Rp 837.000 |
225/65 R 16 | Rp 990.000 |
235/65 R 16 | Rp 1075.000 |
DESERT HAWK ( 70 SERIES ) | |
235/70 R 15 S-A/T | Rp 936.000 |
215/70 R 16 H-H/T | Rp 1.008.000 |
225/70 R 16 H-H/T | Rp 1.120.000 |
235/70 R 16 H-H/T | Rp 1.190.000 |
245/70 R 16 H-H/T | Rp 1.276.000 |
255/70 R 16 H-H/T | Rp 1.316.000 |
265/70 R 16 H-H/T | Rp 1.459.000 |
275/70 R 16 H-H/T | RP 1.470.000 |
245/70 R 17 H-H/T | Rp 1.500.000 |
265/70 R 17 H-H/T | Rp 1.610.000 |
PLATINUM ( 65 SERIES ) | |
165/65 R 13H | RP 445.000 |
175/65 R 14H | Rp 492.000 |
185/65 R 14H | Rp 539.000 |
195/65 R 14H | Rp 587.000 |
185/65 R 15H | Rp 599.000 |
195/65 R 15V | Rp 643.000 |
PLATINUM ( 70 SERIES ) | |
155/70 R 13H | Rp 415.000 |
165/70 R 13H | Rp 430.000 |
175/70 R 13H | Rp 445.000 |
185/70 R 13H | Rp 490.000 |
185/70 R 14H | Rp 539.000 |
195/70 R 14H | Rp 600.000 |
ACH DH AT ( 75 SERIES ) | |
235/75 R 15H | Rp 830.000 |
245/75 R 16 10PR | Rp 1.363.000 |
YOKOHAMA | |
S DRIVE AS 01 | |
215/35R17 83W | Rp. 1.728.500 |
225/35R17 86Y | Rp. 1.830.000 |
195/40R17 84W | Rp. 1.710.000 |
205/40R17 84W | Rp. 1.692.000 |
215/40R17 87Y | Rp. 1.722.000 |
225/45R17 91Y | Rp. 1.800.000 |
A DRIVE AA 01 | |
195/50R15 | Rp. 880.423 |
195/55R15 | Rp. 829.630 |
205/65R15 | Rp. 948.148 |
BAN MOBIL BERPENUMPANG
Pemilihan ban mobil berpenumpang tergantung dari bagaimana cara kita mengemudi dan performa yang kita inginkan. Berikut adalah jenis-jenis ban mobil yang biasa dipergunakan.
All-season : ada dalam berbagai macam ukuran mulai dari untuk mobil kecil sampai dengan SUV dan juga pick-up. Ban-ban jenis ini cocok untuk mereka yang ingin memakainya sampai dengan tahunan (pemakaian jangka panjang) dan untuk pengendaraan yang nyaman.
Performance all-season : ban jenis ini memiliki speed rating yang lebih tinggi dibandingkan dengan ban standar all-season. Untuk ban jenis ini biasanya memberikan handling serta pengereman yang lebih baik, dan biasanya mempunyai profil yang lebih rendah (tinggi dari dinding sisi ban lebih pendek) dan footprint yang lebih lebar untuk aplikasi yang lebih sporty.
Ultra performance : biasanya ban jenis ini dipergunakan untuk mobil-mobil sedan atau sporty. Ban jenis ini didesain untuk memberikan memberikan handling yang mantap dan steering yang responsif dalam kondisi jalan kering atupun basah, tetapi untuk umur pemakaian biasanya lebih pendek tetapi semuanya sangat dipengaruhi oleh pemakaian.
BAN TRUK-SUV
Truk dan SUV biasanya membutuhkan ban-ban yang spesial, karena ukurannya yang lebih besar, dinamis. Berikut adalah jenis ban yang dipergunakan untuk truk dan SUV.
All-season truck : ban jenis ini tepinya membulat dan sangat bagus untuk on-road driving. Ban jenis ini dirancang untuk menampilkan performa yang baik untuk segala macam kondisi.
All-terrain : ban jenis ini dipergunakan untuk meratakan jalan dan juga untuk jenis off-road ringan. Ban jenis ini diberi tambahan traksi untuk jalanan yang tidak rata dan juga bersalju.
Bagaimana Cara Memilihnya
Utamakan Keselamatan.
Carilah ban yang mengutamakan keamanan yaitu ban yang baik pada saat dipakai dalam tes pengereman, handling dan mempunyai daya tahan untuk hydroplaning (pembetukan lapisan air antara ban dan permukaan jalan). Biarkan tread wear, kenyamanan mengemudi, suara-suara, dan daya tahan perputaran menjadi nilai tambah saja.
Bacalah petunjuk yang diberikan
Jaminan yang diberikan oleh pabrik untuk ban-ban mereka adalah jaminan penggantian kerugian apabila ban mengalami kerusakan dalam jarak tempuh yang mereka janjikan.
semakin jauh jarak tempuh yang ada pada ban, semakin kecil nilai penggantiannya. Kebanyakan jaminan untuk ban hanya mencakup kerusakan yang terjadi karena pengunaan secara regular dan tidak mencakup kerusakan yang dikarenakan lubang dijalanan ataupun bahaya yang terjadi dijalanan.
Kenali ukuran ban.
Untuk mengetahui tipe dan ukuran ban yang direkomendasikan oleh manufaktur kendaraan, cek pada bagian plakat yang ada di doorjamb atau laci mobil, pada penutup bahan bakar, atau dibuku panduan pemilik.
Sebagai contoh mengambil ukuran ban P205/55R16 94V. P (Passenger) adalah prefix yang mengacu pada ban mobil penumpang, walaupun banyak juga truk berukuran ringan yang memakai kode ini juga. LT (Lite Truck) mengacu untuk ban yang biasanya digunakan pada truk yang beratnya sedang, ST (Special Trailer) untuk mobil trailer, T (Temporary) untuk ban cadangan.
205 merupakan lebar cross-section ban dalam ukuran millimeter, dan 55 adalah rasio tinggi didnding samping ban dengan lebar cross-section (55 persen). R berarti radial-ply construction. Dan 16 adalah diameter velg yang cocok untuk ban tersebut dalam satuan inci. 94 mengacu pada kapasitas muatan maksimum ban. Sedangkan huruf V adalah rata kecepatan yang mengindikasikan kecepatan maksimum yang bisa dicapai, dalam hal ini sampai dengan149 mph. Lihat tabel di bawah untuk lebih jelasnya.
. Bibir Velg
Pastikan kondisi bibir velg bebas dari pecah dan benjol (peyang, red). Perlu diwaspadai, velg dengan diameter besar rawan pecah jika menggunakannya kurang hati-hati. Jika benjolnya susah untuk dideteksi secara kasatmata, gunakan mesin balancing. Untuk memeriksa velg yang masih terpasang ban, sebaiknya ban dilepaskan dahulu untuk mempermudah pengecekan.
Pemakaian velg peyang akan mengurangi kenyamanan dalam berkendara. Namun, jika kita tetap ingin membelinya karena alasan sudah kepincut dengan desainnya, bisa diakali dengan di-press di bengkel khusus velg. Semakin besar dimensi velg, semakin tinggi ongkosnya.
2. Bekas Bubutan
Masih seputar bibir velg, periksa juga apakah ada bekas bubutan. Kondisi tersebut bisa dilihat berupa garis-garis pada bibir velg. Jika Anda menemui bekas tersebut, berarti velg pernah bengkok atau peyang. Sebab, salah satu cara untuk membenahi velg yang telah bengkok, selain di-press juga dengan cara dibubut. Jadi, bekas bubutan itu pasti terlihat.
Selain itu, perhatikan juga offset-nya. Jangan sampai juga ada bekas garis-garis bubutan. Sebab jika sudah dibubut, berarti offset velg tersebut sudah berubah dari kondisi aslinya.
3. Cat Ulang Atau Overspet
Telitilah cat atau lapisan luar velg. Andaikan dilapis krom, maka warna krom yang asli akan lebih mengkilap dibandingkan dengan krom polesan. Jika velg dicat, warna velg harus merata dan sesuai aslinya. Untuk mengetahui apakah velg tersebut pernah dicat ulang, bisa dilihat dari emblem atau cetakan merek pada velg tersebut.
Jika sudut cetakan terlihat 'tajam', maka kemungkinan besar cat velg tersebut masih asli. Namun, tak bisa dipungkiri, untuk hal ini diperlukan orang yang hafal dan sudah terbiasa 'bermain' dengan velg. Perlunya kita mencermati hal ini adalah untuk menghindari overspet yang bertujuan untuk menyembunyikan cacat yang dimiliki oleh velg. Jadi, jangan tertipu oleh penampilan cat yang 'kinclong'.
Ban dibagi dalam 2 jenis yaitu standar dan tubles. Ban standar biasa digunakan untuk muatan barang atau angkutan umum yg bebannya lebih banyak.Karena lapisan dalamnya memakai benang, ban standar masih harus memakai ban dalam untuk menahan kena paku atau bocor di jalan. Sedangkan ban tubles digunakan untuk mobil pribadi. Karena terbuat dari lapisan kawat dan tidak perlu memakai ban dalam, ban tubles memiliki kelebihan pada saat bocor, tidak akan langsung kempes total kelemahannya kawat cepat berkarat.
Waktu yang tepat mengganti ban mobil adalah:
1. Saat ban telah Aus dimana ban sudah tipis.
2. Setelah 5 tahun, ban harus ganti walaupun masih terlihat bagus atau kembangannya masih tebal karena dipastikan karetnya kering.
3. Setelah menempuh km 50.000.
4. Saat ban aus sebelah atau kawat ban terlihat, ini sangat berbahaya sekali karena bisa mengakibatkan ban bocor atau bahkan meledak.
Keadaan Ban yang sudah tidak bagus sangat berbahaya, jadi segeralah ganti ban mobil anda jika anda merasa memang sudah waktunya ganti.
Pada komponen itulah keselamatan, pengendalian, akselerasi, pengereman dan berapa luas area tapak ban yang menempel pada jalan akan memberikan keamanan pada pengendara.
Hal ini penting manakala kita akan mengganti ban kendaraan entah itu modifikasi atau karena ban aus, ini yang harus diperhatikan. Pada saat kita akan mengganti ban kendaraan, biasanya kita hanya mengatakan ukuran ban yang akan kita ganti atau beli, misal ukuran 2.75-17 atau 100/90-18. Karena parameter itu menunjukan ukuran lebar, tebal dan diameter, tetapi sesungguhnya masih banyak kode maupun symbol yang harus bikers ketahui agar mendapat ban yang sesuai dengan spesifikasi yang dinginkan serta mengetahui batasan-batasan yang aman untuk pemakaian.
Kita simak dari bagian yang paling umum dahulu untuk standar sebuah ban.
UKURAN BAN.
Ukuran ban biasanya menggunakan sistem metrik (metric system) atau sistem inci (inch system). Sebagai ilustrasi misal ban mempunyai kode: 100/90-18, dan 2.50-17
bagaimana membacanya?
Ban 100/90-18 ini menggunakan sistem metrik maksud angka pertama adalah ukuran lebar ban, angka kedua setelah garis miring (/) adalan rasio dalam persen antara lebar dan tinggi ban dan angka ketiga setelah tanda – adalah diameter pelek/velg. Jadi ukuran ban dengan kode 100/90-18 jika diterjemahkan adalah lebar ban 100 mm, tinggi ban 90% x 100= 90 mm dan diameter dalam ban atau ukuran velg/rim 18 inchi.
Ban 2.50-17 menggunakan sistem inci jadi ukuran ban adalah lebar 2.5 inchi jika diubah menjadi mm, 1 inch = 2.54 jadi lebar ban 63.4 mm, tinggi ban karena angka kedua setelah garis miring tidak ada dianggap rasionya 100% jadi tingginya 2.50 inchi dan diameter dalam ban 17 inchi atau ukuran pelek/rim 17 inchi.
UMUR PRODUKSI.
Disalah satu sisi ban biasanya tercetak kode empat angka yang menunjukan kapan ban diproduksi. Misalnya, 2108 angka tersebut dapat dibaca dua angka pertama menunjukan minggu, dua angka terakhir tahun pembuatan. Jadi kode di atas adalah ban diproduksi pada minggu ke-21 tahun 2008. Kode usia produksi perlu diperhatikan jadi dapat berapa lama ban tersimpan, yang dikuatirkan akan berpengaruh terhadap performa ban itu sendiri
KODE BAN DEPAN ATAU BELAKANG.
Untuk kode pemakaian ban depan atau ban belakang biasanya di tulis dengan huruf (alphabet) kode “F” front berarti ban tersebut untuk ban depan sedangkan “R” rear ban tersebut untuk ban belakang. Biasanya ada perbedaan bentuk kembangan/pattern ban depan dan belakang dikarenakan fungsinya yang berbeda untuk ban depan sebagai kemudi dan jika hujan harus bisa mengalirkan air makanya ban depan biasanya mempunyai alur air. Sedangkan ban belakang fungsi untuk menggerakan maka membutuhkan torsi yang besar sehingga traksi sangat dibutuhkan makanya ban belakang biasanya ukuran lebih besar dan tidak mempunyai alur air.
Tetapi kadang kita juga suka menjumpai ban belakang mempunyai alur air hanya beda ukuran lebih besar saja.
KODE KECEPATAN MAKSIMUM.
Kode kecepatan maksimun ditulis dengan kode huruf, yang menunjukan batas
maksimal sebuah ban dipacu terus selama 1 jam dengan membawa beban sesuai spesifikasi standar.
Tabel kecepatan maksimum (Km/jam)
Contoh kasus : ban skutik Honda Beat merek Federal kode 80/90-14 M/C 40P. Huruf P yang ada dibelakang angka (40P) itu yang menunjukan kecepatan maksimal. Sesuai table di atas P adalah menunjukan maksimun kecepatan 150 km/jam.
KODE COMPOUND YANG DIGUNAKAN.
Kode Compound ban ditulis dengan kode huruf, yang menunjukan ban itu
mempunyai kompon yang lunak sampai yang keras. Kode “S” soft menunjukan
compound lunak, “M” medium menunjukan compound sedang dan “H” hard berarti compound ban keras. Pemilihan kompon ban tergantung dari kebutuhan misal untuk road race biasanya menggunakan kompon soft dimana ban dengan kompon soft lebih empuk dan lengket menempel pada aspal tetapi karena sifatnya lunak maka ban akan cepat habis. Sedangkan medium biasanya dipakai untuk sehari hari.
Jika ban merek Batllax dengan kode BT 92 F Radial 120/70 R17 M/C 54H, kode M/C itulah yang menunjukan compound ban sedang.
ARAH ROTASI BAN.
Arah rotasi atau perputaran ban ditunjukan dengan tanda panah (Arrow), pemasangan ban harus sesuai dengan arah panah hal ini karena arah kembangan ban akan sempurna menempel pada aspal, atau mengalirkan air pada jalan basah serta
mendapatkan traksi yang baik. Jika pemasangan terbalik ban tidak akan menempel pada jalan dan traksinya kurang baik sehingga ban terasa lebih licin yang bisa membahayakan pengendara.
BEBAN MAKSIMUM BAN.
Indikasi beban maksimum yang dapat ditahan oleh ban dalam keadaan dingin
biasanya dicantumkan dalam diding ban. Ada yang tertulis langsung bebanya ada juga yang menggunakan indek angka.
Tertulis langsung misal tertulis Max. Load 212 kg (467 LBS) AT 280 KPa (41 Psi) Cold dapat dibaca: ban tersebut menahan beban maksimum 212 kg atau 467 lbs dengan tekanan angin maksimal 41 psi dalam keadaan dingin (kendaraan tidak dipakai)
Menggunakan Indek angka:
(73W) V280 angka 73 adalah angka indek yang mempunyai standar beban maksimal 365 kg.
dibawah ini table indeks beban maksimum (kg).
• 30= 106, 31=109, 32=112,33=115, 34=118, 35=121, 36=125, 37=128,
38=132,39=136
• 40=140, 41=145, 42=150, 43=155, 44=160, 45=165, 46=170, 47=175,
48=180, 49=185
• 50=190, 51=195, 52=200, 53=206, 54=212, 55= 218, 56=224,57=230,
58=236, 59=243
TIPE BAN.
Pada sisi dinding ban biasanya dicantumkan pula tipe dari ban tersebut misal TT = Tube Type atau TL = Tubeless. Ban tube type artinya ban tersebut ban yang menggunakan ban dalam, sedang tubeless atau radial sudah tidak memerlukan ban dalam lagi.
SIMBOL SEGI TIGA.
Simbol segi tiga disebut Thread Indication (TWI) atau indicator batas pemakaian.
Gambar segitiga pada sisi dinding ban merupakan batas akhir dari grip atau alur ban, jika alur ban sudah terkikis habis atau sdudah tipis karena pemakaian maka ban tersebut harus diganti karena sudah tidak aman lagi.
SIMBOL GARIS WARNA.
Simbol garis warna ini ada pada lapisan kembangan yang belum pernah dipakai untuk menandakan ban tersebut masih baru. Karena lapisan ban ini paling luar pada kembangan/pattern maka jika ban lama dipakai akan habis. Garis warna ada yang satu tetapi ada juga yang lebih dari satu warna, dan tiap pabrikan biasanya mempunyai warna berbeda missal putih, merah, kuning, biru dan hijau.
SIMBOL BALANCE.
Simbol balance biasanya berupa bulatan pada dinding ban, tanda bulat dengan warna berbeda-beda tiap pabrikan misal kuning, merah ataupun biru. Tanda balance ini harus diperhatikan saat pemasangan ban, karena itulan titik paling ringan dari tiap ban, di titik itu pula posisi pentil harus sejajar. Karena pentil ban merupakan titik berat dari ban.
STRUKTUR BAN.
Tidak semua pabrikan ban mencantumkan struktur ban, tetapi untuk pabrikan ban dengan kualitas baik biasanya mencantumkannya. Misal: Tread: 4 nylon, side wall: 2 nylon
- Tread adalah bagian tapak ban yang langsung bersinggungan dengan aspal, harus
kuat terhadap benturan, tusukan yang dapat merusak ban. memberikan daya lengket
ke aspal dan daya tahan ban karena gesekan. Jadi Tread ban tersebut terdiri 4 lapisan
nylon.
- Side wall adalah bagian dinding samping kiri dan kanan ban. Berfungsi sebagai
penopang ban.Jadi side wall ban tersebut terdiri 2 lapisan nylon.
Jika Anda pemilik kendaraan bermotor, baik itu roda dua, tiga, empat atau lebih, sebaiknya selalu periksa kondisi ban kendaraan sebelum mengendarainya. Kondisi ban pada kendaraan bermotor, sangat berpengaruh pada keselamatan pengendara. Jadi jangan berkompromi dengan kondisi ban yang sudah tidak layak pakai alias gundul, karena urusannya sama taruhan nyawa.
Sebenarnya sangat mudah untuk menentukan apakah kondisi ban pada kendaraan masih layak pakai atau tidak. Kenali ban dengan melihat petunjuk TWI (Thread Wear Indicator), jadikan sebagai patokan. Lalu, ukur ketebalan alur (kembangan) menggunakan penggaris dari dasar alur. Bila tingginya kurang dari 2 mm maka sebaiknya ban tersebut segera diganti.
Mengganti ban sebaiknya dilakukan secara bersamaan pada keempat roda, namun jika ban yang perlu diganti hanya sebagian saja, pastikan ukuran, konstruksi dan jenis ban sama dengan ban pada keseluruhan rodanya. Mengganti ban gundul dengan ban baru diperlukan biaya yang tidak sedikit bagi yang memiliki uang pas-pasan. Terlebih lagi bila yang digunakan ban berjenis radial, yang harganya lebih mahal dibandingkan dengan ban biasa (standar).
Jika kondisi keuangan tidak memungkinkan untuk mengganti ban lama dengan yang baru, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan menggantinya dengan ban second alias ban bekas. Tapi, untuk mengganti ban lama Anda yang sudah gundul dengan ban bekas perlu kecermatan dan kehati-hatian. Karena jika salah pilih, bukannya untung yang didapat tetapi malah buntung. Sebaiknya kenali dulu jenis-jenis ban bekas yang beredar di toko ban bekas. |
Selain ban bekas orisinil dan batikan, ada juga ban bekas yang telah dilakukan penambahan karet kembangannya, atau lazim disebut ban vulkanisir. Tapi kebanyakan ban vulkanisir hanya dipakai pada mobil-mobil besar seperti bus dan truk. Apabila mobil pribadi menggunakan ban vulkanisir, laju kendaraan kurang stabil dan jalannya sedikit bergoyang.
Kualitas ban vulkanisir, tergantung pada kualitas karet tambahan. Semakin bagus kualitas karet tambahan maka daya rekat karet dengan ban semakin kuat, berpengaruh pada umur pemakaian dan penggunaan ban bekas paling lama sekitar tujuh bulan.