Pojok Ban

Berisikan aneka tips tentang Ban

Mr. Fins On Saturday, September 11, 2010 0 Comments

Speed Rating ban mobil sering tidak diperhatikan oleh konsumen saat membeli mobil padahal ini cukup penting bagi keamanan. Biasanya yang diperhatikan hanya lebar, ketebalan ban, dan ukuran ring ban (baca juga : Membaca Profil Ban dan Velg)... namun mereka tidak menyadari bahayanya memilih ban dengan speed rating yang salah sangat berbahaya.
Kode Speed Rating pada ban mobil berarti kecepatan maksimum yang dapat ditanggung oleh ban tersebut. Bila ban mobil anda dipace melebihi batas maksimum tersebut berarti anda sudah membahayakan diri anda dan penumpang.
Ada beberapa kode yang digunakan untuk penanda Speed Rating ban mobil, yaitu berupa huruf-huruf. Berikut ini adalah kode tersebut lengkap dengan pemetaan batas kecepatan maksimalnya.

Contoh Kode Ban: 205/55 R16 91W

speed-rating
Demi keamanan sebaiknya jangan melaju melebihi batas maksimal Speed Rating ban mobil anda. Akan jauh lebih baik untuk tidak memaksakan ban mobil anda mencapai batas maksimum. Untuk di dalam kota Jakarta kecepatan tersebut hampir tidak akan pernah dicapai, yang perlu anda waspadai adalah saat anda melaju di jalan bebas hambatan (tol) dan jalanan luar kota (sering lupa diri).

Mr. Fins On 0 Comments

Obat poles ban mobil atau obat semir ban banyak dijual dipasaran. Ada yang berlabel merk terkenal ada juga yang buatan home industry lokal. Tentu saja kalau ada dana lebih saya lebih memilih merk terkenal, sudah pasti sip deh. Bagaimana kalau saya mau berhemat atau iseng bereksperimen?
Sekarang saya mendemonstrasikan pemakaian obat poles ban mobil (Tyre Polish) generic alias tidak bermerk yang saya dapat beberapa waktu lalu. Menurut pengalaman saya obat ini cukup ampuh membuat ban tampak baru.
Alat yang diperlukan untuk membuat ban mobil anda tampak baru hanyalah sikat, kuas dan tentunya obat poles itu sendiri. Prosesnya simple, harganya murah, hasilnya mujarab dan juga tahan lama. Cara mengaplikasikan obat poles ban ada bermacam-macam tetapi dalam video ini saya hanya menggunakan kuas saja.
Semua kembali pada pilihan masing-masing mau memakai obat yang branded ataupun generic. Obat poles generic hadir sebagai alternatif bagi anda yang senang bereksperimen dan sensitif dengan harga.
Berikut ini adalah foto before and after pemolesan ban dengan obat poles generic yang saya gunakan.

Mr. Fins On 0 Comments

Ban mobil termasuk fast moving, artinya ban mobil adalah bagian yang cepat aus dan mau tidak mau harus diganti kalau mobil tetap mau dipakai. Rotasi ban adalah tips utama untuk menjaga keamanan dan memperpanjang masa pakai sebuah ban mobil.
Idealnya penggantian ban dilakukan bersamaan pada semua ban mobil kita. Alasannya untuk tetap menjaga keseimbangan pengendalian (traksi) yang optimal. Tapi kenyataannya sebagian ban kita masih punya ketebalan alur (groove) dalam batas aman, meskipun ban yang lainnya sudah harus diganti. Disamping itu harga ban mobil juga tidak bisa dibilang murah, jadi selama bisa dihemat mengapa tidak?

Mengapa ban mobil anda harus secara rutin dirotasi? Tujuan utamanya hanya satu yaitu agar usia pakai ban mobil lebih panjang dengan memabgi secara rata kebotakan pada tiap-tiap ban.

Pertama: Ban depan lebih cepat aus (botak) dibanding ban belakang
Biasanya ban depan (terutama untuk mobil berpenggerak roda depan) akan lebih cepat aus (botak). Hal ini disebabkan karena ban depan menjadi Direct Executor dalam manuver mobil. Contohnya:
  1. Ketika mobil mulai bergerak, ban depanlah yang "menarik" (Front Wheel Drive).
  2. Manuver saat berparkir, menggerakan roda depan untuk mendapat posisi ideal.
  3. Beban mobil saat pengereman sebagian besar tertumpu pada kedua roda depan.
  4. Membelok saat mobil melaju juga mengikis ban depan lebih daripada ban belakang.
Kedua : Kebotakan ban yang tidak merata
Kadang kebotakan pada sebuah ban mobil tidak merata (Uneven Tyre Wear). Bisa botak di sisi luar atau dalamnya saja. Biasanya ini disebabkan oleh Wheel Alignment yang kurang baik. Untuk solusinya anda butuh melakukan Spooring. Bila kemudi terasa menarik ke satu sisi (kanan atau kiri) itu adalah satu indikasi kuat mobil anda membutuhkan Spooring. Spooring hanya dilakukan pada kedua roda depan saja.
Ban Botak - Rotasi Ban
Kedua alasan diataslah yang mewajibkan anda me-rotasi ban mobil anda secara rutin. Anjurannya adalah setiap 5000 KM sekali. Dengan rotasi, keausan ban akan lebih merata diantara kelima-limanya (termasuk ban cadangan).
fwdAturan Merotasi Ban untuk mobil Front Wheel Drive (penggerak roda depan):
1. Ban depan kanan menjadi ban cadangan
2. Ban depan kiri mundur ke belakang kiri
3. Ban belakang kanan maju ke depan kiri (Cross)
4. Ban belakang kiri maju ke depan kanan (Cross)
5. Ban cadangan menjadi ban belakang kanan
rwdAturan Merotasi Ban untuk mobil Rear Wheel Drive (penggerak roda belakang ) dan Four Wheel Drive (penggerak empat roda):
1. Ban depan kanan mundur ke belakang kiri (Cross)
2. Ban depan kiri menjadi ban cadangan
3. Ban belakang kanan maju ke depan kanan
4. Ban belakang kiri maju ke depan kiri
5. Ban cadangan menjadi ban belakang kanan
Dengan rotasi diatas, kebotakan ban akan lebih merata sehingga setiap ban akan memiliki usia pakai yang lebih panjang, berkendara lebih nyaman dan lebih aman.
Rotasi ban Mobil agar ban lebih awet

Ban mobil termasuk 

Mr. Fins On 0 Comments

Daftar Harga Ban Mobil
Update Juli 2010

Merek & Tipe
Harga (dalam Rupiah)
BRIDGESTONE
DUELER
235/75 SR 15 D - 689TRp 999.000
235/70 SR 15 D - 683TRp 985.000
235/60 HR 16 D - 687TRp 1.483.000
215/65 HR 16 D - 689TRp 1.054.000
215/65 HR 16 D - 684TRp 1.079.000
215/60 HR 17 D - 687TRp 1.295.000
225/65 SR 17 D - 687TRp 1.332.000
265/65 HR 17 D - 684TRp 1.368.000
POTENZA
195/60 VR 15 RE 88TRp 1.341.000
185/55 VR 15 E - 030TRp 1.306.000
TURANZA
205/60 HR 16 ER - 300Rp 1.300.000
185/55 HR 16 ER - 37Rp1.156.000
205/65 HR 15 ER - 60TRp1.042.000
195/65 HR 15 ER - 60TRp 1.035.000
195/55 VR 15 ER - 30TRp 1.136.000
TECHNO
195/70 SR 15 S - 350TRp 1.088.000
195/70 SR 14 S - 236TRp 921.000
175/70 SR 13 S - 350TRp 853.000
185/80 SR 14 S - 248TRp 605.000
REGNO
195/65 VR 15 S - 235TRp 1.048.000
205/65 HR 15 S - 325TRp 1.188.000
B-SERIES
205/65 SR 15 B- 390TRp 1.131.000
175/65 TR 14 B- 391TRp 803.000
185/70 SR 14 B- 250TRp 787.000
165/60 SR 13 B- 391TRp 448.000
155/70 SR 12 B- 390TRp 443.000
215/65 VR16Rp. 1.235.000
DUELER
225/65 SR 17 D-687TRp 1857.000
275/70 HR 16 D-680TRp 2136.000
265/70 SR 16 D-840TRp 1.893.000
235/70 HR 16 D- 680TRp 1.856.000
245/70 SR 16 D-693Rp 1.426.000
215/70 SR 16 D-680TRp 1.790.000
205/80 SR 16 D-689TRp 996.000
275/60 VR 18 Dueler H/P SportRp 2.394.000
285/60 VR 18 Dueler H/P SportRp 3.139.000
TURANZA
215/55 VR 17 ER - 33TRp 1.768.000
215/60 HR 16 ER - 37Rp 1.748.000
205/55 VR 16 ER - 30TRp 1.735.000
195/55 VR16 - 30TRp 1.437.000
235/60 VR 18 ER - 42Rp 3.044.000
235/55 HR 17 EL - 42Rp 3.288.000
POTENZA
185/60 HR 15 E-080TRp 996.000
185/60 HR 15 E - 080TRp 1.036.000
215/45 VR 17 RE - 050Rp 2.758.000
215/50 VR 17 RE - 050Rp 3.713.000
245/40 VR 19 RE -050Rp 5.528.000
225/40 VR 18 RE - 050Rp 4.615.000
245/45 VR 17 RE - 050Rp 3.953.000
225/50 VR 17 RE - 050Rp 4.533.000
225/45 VR 18 RE - 040Rp 3.310.000
CONTINENTAL
COMFORT CONTACT 1 (CC1)
175/70/HR13Rp. 538.573
185/60/HR14Rp. 701.800
185/65/HR14Rp. 710.914
185/55/HR15Rp. 820.286
195/60/VR15Rp. 865.858
195/55/VR15Rp. 865.858
195/55/VR15Rp. 865.858
205/60/VR15Rp. 957.001
195/65/VR15Rp. 820.286
205/65/VR15Rp. 865.858
215/55/VR16Rp. 952.859
225/55/VR16Rp. 994.286
215/60/VR16Rp. 1.160.001
235/60/VR16Rp. 1.126.858
215/50/VR17Rp. 1.139.287
215/55/VR17Rp. 1.139.287
DUNLOP
SP 10 (SR RANGE 80)
165 SR SP10Rp. 372.000
185/80 SR14Rp.510.200
SP10 (SR RANGE 70)
185/70 SR14Rp.659.200
SP10 (SR RANGE 65)
185/65 SR15Rp. 659.000
HIMAX (SR RANGE 70)
185/70 SP13Rp. 554.400
185/70 SR14
Rp. 630.900
SP 70 (SR RANGE 70)
165/70 SR13Rp. 474.100
SP 70e (SR RANGE 70)
175/70 SR12Rp. 427.000
175/70 SR13Rp. 521.200
185/70 SR13Rp. 558.200
185/70 SR14Rp. 634.100
195/70 SR14Rp. 677.500
SP 65i ( SR RANGE 65 )
165/65 SR 13Rp. 548.000
SP 65e ( SR RANGE 65 )
185/65 SR14Rp 630.400
195/65 SR 14Rp 662.000
195/65 SR 15Rp 730.400
205/65 SR 15Rp 788.000
SP LM703 (HR RANGE 65)
175/65 HR14Rp. 697.300
185/65 HR13Rp. 640.800
185/65 HR14Rp. 790.200
195/65 HR14Rp. 754.300
195/65 HR15Rp. 905.800
205/65 HR15Rp. 959.400
SP LM703 (HR RANGE 60)
185/60 HR13Rp. 644.500
185/60 HR14Rp. 798.400
195/60 HR14Rp. 843.200
195/60 HR15Rp. 904.400
205/60 HR14Rp. 804.600
205/60 HR15Rp. 902.900
SP LM703 N(HR RANGE 60)
195/55 VR15Rp. 945.600
D80V4 (HR RANGE) 65
205/65 HR15Rp. 1.010.700
DIGNOS (VR RANGE 60)
195/60 VR14Rp. 850.000
FALKEN
AZENIS RT-615
195/60/R14Rp. 1.330.176
205/50R15Rp. 1.604.036
225/50/R16Rp. 2.851.224
215/45/R16Rp. 2.392.420
205/40/R16Rp. 2.027.274
215/45/R17Rp. 2.611.745
225/45/R17Rp. 2.963.851
245/45/R17Rp. 3.237.711
205/40/R17Rp. 2.361.596
215/40/R17Rp. 2.507.418
235/40/R17Rp. 2.757.567
255/45/R18Rp. 3.391.831
275/40/R17Rp. 3.920.582
225/45/R18Rp. 2.871.379
225/45/R18Rp. 2.871.379
225/40/R18Rp. 2.826.328
235/40/R18Rp. 3.146.424
245/40/R18Rp. 4.276.244
255/40/R18Rp. 4.867.828
295/40/R18Rp. 5.787.808
265/35/R18Rp. 4.323.665
275/35/R18Rp. 4.446.962
315/30/R18Rp. 7.154.736
FK 452 16 INCI
225/60/WR16Rp. 1.701.250
235/60/WR16Rp. 1.867.226
205/55/ZR16Rp. 1.497.337
215/55/ZR16Rp. 1.796.094
255/55/ZR16Rp. 1.861.298
19 INCI
245/45/R19Rp. 3.691.440
245/40/R19Rp. 3.532.853
245/40/ZR19Rp. 3.785.735
275/40/ZR19Rp. 4.334.361
215/35/ZR19Rp. 2.821.353
225/35/ZR19Rp. 2.954.223
235/35/R19Rp. 3.050.662
245/35/R19Rp. 3.287.662
275/35/ZR19Rp. 3.791.093
285/35/ZR19Rp. 4.066.477
265/30/ZR19Rp. 3.527.495
275/30/R19Rp. 3.634.648
GT RADIAL
CHAMPIRO HPX 35
215/35 ZR18Rp. 1.348.000
245/35 ZR19Rp. 2.360.000
245/35 ZR20Rp. 2.865.000
CHAMPIRO HPY 35
265/35 ZR 18 97YRp 1.950.000
225/35 ZR 19 88YRp 1.900.000
235/35 ZR 19 91YRp 2.000.000
255/35 ZR 19 96YRp 2.200.000
255/35 ZR 20 97YRp 2.300.000
CHAMPIRO HPX 40
205/40 ZR17Rp.1.122.000
215/40 ZR17Rp. 1.184.000
225/40 ZR18Rp. 1.418.000
235/40 ZR18Rp. 1.534.000
CHAMPIRO HPY 40
245/40 ZR 17 95YRp 1.600.000
225/40 ZR 18 92YRp 1.425.000
235/40 ZR 18 95YRp 1.550.000
255/40 ZR 96YRp 2.100.000
CHAMPIRO 40
205/40 ZR17Rp. 980.000
215/40 ZR17Rp. 1.032.000
CHAMPIRO HPX 45
205/45 ZR17Rp. 1.035.000
215/45 ZR17Rp. 1.088.000
225/45 ZR17Rp. 1.157.000
235/45 ZR17Rp. 1.259.000
245/45 ZR17Rp. 1.305.000
245/45 ZR18Rp. 1.460.000
CHAMPIRO HPY 45
215/45 R17Rp. 1.190.000
225/45 ZR17Rp. 1.275.000
235/45 R17Rp. 1.300.000
225/45 ZR 18Rp 1.480.000
235/40 ZR 18Rp 1.550.000
CHAMPIRO HPX 50
195/50 ZR15Rp. 823.000
235/45 ZR16Rp.920.000
245/45 ZR17Rp. 984.000
CHAMPIRO HPY 50
235/50 ZR 18Rp. 1.800.000
CHAMPIRO 50
195/50 R15Rp. 688.000
205/50 R15Rp. 710.000
195/50 R16Rp. 716.000
205/50 R16Rp. 780.000
225/50 R16Rp. 890.000
CHAMPIRO 55
185/55 R14Rp. 614.000
185/55 R15Rp. 658.000
195/55 R15Rp. 664.000
205/55 R16Rp. 782.000
215/55 R16Rp. 804.000
225/55 R16Rp. 833.000
CHAMPIRO HPX 55
205/55 ZR16Rp.940.000
515/55 ZR16Rp. 1.010.000
225/55 ZR17Rp. 1.055.000
CHAMPIRO HPX 60
225/60 ZR16Rp. 1.023.000
235/60 ZR16Rp. 1.050.000
CHAMPIRO BAX 50
195/50 R15Rp.810.000
205/50 R15Rp. 834.000
205/50 R16Rp. 921.000
CHAMPIRO BAX 55
185/55 R14Rp. 724000
185/55 R14Rp. 757.000
195/55 R15Rp. 793.000
205/55 R15Rp. 875.000
205/55 R16Rp. 929.000
215/55 R16Rp.955.000
CHAMPIRO BAX 60
195/60 R15Rp.723.000
205/60 R15Rp. 781.000
225/60 R15Rp. 901.000
205/60 R16Rp. 909.000
215/60 R16Rp. 930.000
225/60 R16Rp. 980.000
CHAMPIRO GTX 60
185/60 R14Rp. 632.000
195/60 R14Rp. 677.000
195/60 R15Rp. 738.000
205/60 R15Rp. 797.000
215/60 R15Rp. 838.000
225/60 R15Rp. 896.000
205/60 R16Rp.958.000
225/60 R16Rp. 1.043.000
CHAMPIRO GTX 65
185/65 R13Rp. 593.000
185/65 R14Rp. 633.000
195/65 R14Rp. 691.000
205/65 R14Rp. 765.000
195/65 R15Rp.798.000
CHAMPIRO BXT 60
175/60 R13Rp. 487.000
185/60 R13Rp. 527.000
185/60 R14Rp. 534.000
185/60 R14Rp. 620.000
195/60 R14Rp. 668.000
185/60 R15Rp. 694.000
195/60 R15Rp. 752.000
205/60 R15Rp. 894.000
205/60 R16Rp. 805.000
225/60 R16Rp. 950.000
CHAMPIRO BXT 65
165/65 R13Rp. 507.000
175/65 R13Rp. 515.000
175/65 R14Rp. 534.000
185/65 R14Rp. 592.000
195/65 R14Rp. 648.000
195/65 R15Rp. 725.000
205/65 R15Rp. 753.000
215/65 R15Rp. 808.000
215/65 R16Rp. 854.000
CHAMPIRO GTX 65
185/65 R 13Rp 593.000
185/65 R 14Rp. 633.000
195/65 R 14Rp. 691.000
195/65 R 15Rp. 765.000
205/65 R 15Rp.798.000
CHAMPIRO GTR 378
175/70 R12Rp. 463.000
155/70 R12Rp. 401.000
175/70 R13Rp. 484.000
185/70 R13Rp. 543.000
185/70 R14Rp. 576.000
195/70 R14Rp. 694.000
205/70 R14Rp. 710.000
235/70 R15Rp. 949.000
CLASSIRO 70
155/70 R12Rp. 397.000
175/70 R13Rp. 468.000
155/70 R13Rp. 401.000
165/70 R13Rp. 454.000
175/70 R13Rp. 484.000
185/70 R14Rp. 543.000
185/70 R14Rp. 578.000
195/70 R14Rp. 604.000
205/70 R15Rp. 710.000
235/70 R15Rp. 709.000
CHAMPIRO 75
185/75 R 14Rp. 667.000
195/75 R 14Rp. 733.000
MICHELIN
XM1
13 inci
165/65 R 13 77HRp. 523.000
175/70 R 13 82 HRp. 512.000
185/70 R 13 86HRp. 546.000
165/80 R 13 83SRp. 515.000
ENERGY XM1
14 inci
185/60 R14 82HRp. 718.500
195/60 R14 86HRp. 750.000
175/65 R14 82HRp. 627.000
185/65 R14 86HRp. 722.000
195/65 R14 89HRp. 741.000
185/70 R14 88HRp. 608.000
195/70 R14 91HRp. 637.000
205/70 R14 98HRp. 819.000
15 inci
195/60 R15 88HRp. 832.000
205/60 R15 91HRp. 869.000
185/60 R15 88HRp. 762.000
195/60 R15 91HRp. 836.000
205/60 R15 94HRp. 874.000
215/60 R15 96HRp. 918.000
205/60 R15 96HRp. 807.000
16 inci
215/60 R16 95HRp. 1.023.000
215/65 R16 98HRp. 893.000
PRIMACY LC
15 inci
195/50 R 15 82VRp 887.000
195/55 R 15 85VRp 906.000
195/60 R 15 88VRp 938.000
195/65 R 15 91VRp 900.000
205/60 R 15 91VRp 981.000
205/65 R 15 94VRp 943.000
16 inci
205/50 R16 87WRp. 1.048.000
205/55 R16 91WRp. 1.041.500
215/60 R16 95WRp. 1.158.000
235/60 R16 100WRp. 1.320.000
17 inci
215/45 R17 91WRp. 1.023.000
215/60 R17 96WRp. 1.188.000
215/60 R117 96VRp. 1.181.000
18 inci
225/45 R18 91WRp. 1.273.000
235/50 R18 97WRp. 1.529.000
PILOT PRECEDA PP2
15 inci
195/50 R15 82VRp. 932.000
185/55 R15 82VRp. 907.000
195/55 R15 85VRp. 882.000
195/60 R15 88VRp. 986.000
205/60 R15 91VRp. 1.040.000
16 inci
205/45 ZR16 87WRp. 1.303.000
195/50 ZR16 84WRp. 1.027.000
205/50 ZR16 87WRp. 1.094.000
225/50 ZR16 92WRp. 1.259.000
205/55 ZR16 91WRp. 1.129.000
215/55 R16 94WRp. 1.475.000
225/55 ZR16 95WRp. 1.423.000
215/60 R16 95VRp. 1.341.500
17 inci
205/40 ZR17 84WRp. 1.340.000
215/40 ZR17 87WRp. 1.448.000
225/40 ZR17 91WRp. 1.975.000
205/45 ZR17 88WRp. 1.448.000
205/50 ZR17 89WRp. 1.117.000
215/50 ZR17 95WRp. 1.727.000
225/50 R17 94YRp. 1.725.500
215/55 ZR17 94WRp. 1.896.500
18 inci
265/35 ZR18 93WRp. 3.058.000
225/40 ZR18 92WRp. 2.032.000
235/40 R17 95WRp. 2.226.000
245/40 ZR17 97WRp. 1.800.000
225/45 ZR8 95WRp. 2.226.000
245/45 ZR18 96WRp. 2.038.000
235/50 ZR18 97WRp. 2.565.000
19 inci
235/35 ZR19 87WRp. 3.409000
225/45 ZR19 96WRp. 2.270.000
PILOT SPORT 3
15 inci
195/50 R 15 82VRp. 944.000
195/55 R 15 85VRp. 969.000
16 inci
205/50 R 16 87WRp. 1.194.000
225/50 ZR 16 92WRp. 1.307.000
205/55 R 16 91WRp. 1.194.000
215/55 R 16 93WRp. 1.285.000
17 inci
245/40 ZR 17 91YRp 1.535.000
215/45 R 17 91WRp 1.250.0000
225/45 ZR 17 91WRp 1.364.000
235/45 ZR 17 97WRp 1.478.000
245/45R 17 99YRp 1.648.000
205/50 ZR 17 89WRp 1.194.000
215/50 ZR 1791WRp 1.535.000
225/20 ZR 17 94WRp 1.557.000
215/55 R 17 94WRp. 1.487..000
18 inci
255/35 ZR18 94YRp. 2.387.000
265/35 ZR 18 97YRp. 2.569.000
275/35 ZR 18 99YRp. 2.773.000
285/35 ZR 18 101YRp. 3.000.000
225/40 ZR 18 88WRp. 1.728.000
MULTISTRADA ARAH SARANA
ATR SPORT ( 45 SERIES )
195/45 R16VRp 740.000
205/45 R 16 WRp 840.000
205/45 R 17WRp 910.000
215/45 R 17WRp 929.000
225/45 R 17WRp 960.000
235/45 R 17WRp 1.001.000
245/45 R 17WRp 1.040.000
225/45 R 18WRp 1.170.000
245/45 R 18WRp 1.192.000
ATR DH - UHP ( 45 SERIES )
245/45 R 20VRp 2.159.000
255/45 R 20VRp 2.250.000
275/45 R 20VRp 2.431.000
285/45 R 20VRp 2.900.000
ATR SPORT ( 40 SERIES )
205/40 R 17WRp 970.000
205/40 R 17WRp 950.000
255/40 R 17WRp 1.055.000
215/40 R 18WRp 1.024.000
225/40 R 18 WRp 1.115.000
235/40 R 18WRp 1.220.000
245/40 R 18WRp 1.290.000
ATR SPORT ( 35 SERIES )
215/35 R 18WRp 1.215.000
365/35 R 18WRp 1.633.000
225/35 R 19WRp 1.585.000
235/35 R 19WRp 1.642.000
245/35 R 19WRp 1.690.000
225/35 R 20WRp 1.780.000
245/35 R 20WRp 1.910.000
255/35 R 20WRp 2.000.000
ATR SPORT ( 30 SERIES )
265/30 R 19WRp 1.730.000
275/30 R 19WRP 1.780.000
225/30 R 20WRp 2.052.000
235/30 R 20WRp 2.377.000
245/30 R 20WRp 2.545.000
255/30 R 20WRP 2.590.000
275/30 R 20VRp 2.623.000
C MULTI V ( 65 SERIES )
195/65 R 16CRp 813.000
205/65 R 16CRp 837.000
225/65 R 16C
Rp 990.000
235/65 R 16CRp 1.075.000
CORSA 60 ( 60 SERIES )
185/60 R 14HRp 515.000
195/60 R 14HRp 565.000
175/60 R 15HRp 580.000
195/60 R 15HRp 615.000
205/60 R 15HRp 665.000
195/60 R 16HRp 830.000
205/60 R 16HRp 858.000
225/60 R 16VRp 879.000
CORSA 55 ( 55 SERIES )
185/55 R 15HRp 681.000
195/55 R 15HRp 710.000
205/55 R 16WRp 785.000
215/55 R 16WRp 878.000
225/55 R 16WRp 910.000
215/55 R 17VRp 975.000
CORSA 2233 ( 50 SERIES )
195/50 R 15VRp 777.000
215/50 R 16WRp 811.000
205/50 R 17WRp 934.000
215/50 R 17WRp 960.000
225/50 R 17VRp 1.003.000
CORSA 223 ( 45 SERIES )
205/45 R 16WRp 790.000
205/45 R 17WRp 910.000
215/45 R 17WRp 929.000
225/45 R 17WRp 960.000
DURAGRIP
165 R 13C 8PRRp 465.000
175 R 13C 8PRRp 513.000
185 R 14C 8PRRp 621.000
195 R 14C 8PRRp 762.000
205/70 R 14C 8PRRp 739.000
STRADA ( 80 SERIES )
155/80 R 13TRp 381.000
STRADA ( 70 SERIES )
155/70 R 13TRp 381.000
165/70 R 13TRp 408.000
175/70 R 13TRp 426.000
STRADA ( 65 SERIES )
165/65 R 14TRp 499.000
185/65 R 14TRp 520.000
205/65 R 15HRp 711.000
ACH MULTIVAN ( 65 SERIES )
195/65 R16Rp 813.000
205/65 R 16Rp 837.000
225/65 R 16Rp 990.000
235/65 R 16Rp 1075.000
DESERT HAWK ( 70 SERIES )
235/70 R 15 S-A/TRp 936.000
215/70 R 16 H-H/TRp 1.008.000
225/70 R 16 H-H/TRp 1.120.000
235/70 R 16 H-H/TRp 1.190.000
245/70 R 16 H-H/TRp 1.276.000
255/70 R 16 H-H/TRp 1.316.000
265/70 R 16 H-H/TRp 1.459.000
275/70 R 16 H-H/TRP 1.470.000
245/70 R 17 H-H/TRp 1.500.000
265/70 R 17 H-H/TRp 1.610.000
PLATINUM ( 65 SERIES )
165/65 R 13HRP 445.000
175/65 R 14HRp 492.000
185/65 R 14HRp 539.000
195/65 R 14HRp 587.000
185/65 R 15HRp 599.000
195/65 R 15VRp 643.000
PLATINUM ( 70 SERIES )
155/70 R 13HRp 415.000
165/70 R 13HRp 430.000
175/70 R 13HRp 445.000
185/70 R 13HRp 490.000
185/70 R 14HRp 539.000
195/70 R 14HRp 600.000
ACH DH AT ( 75 SERIES )
235/75 R 15HRp 830.000
245/75 R 16 10PRRp 1.363.000
YOKOHAMA
S DRIVE AS 01
215/35R17 83WRp. 1.728.500
225/35R17 86YRp. 1.830.000
195/40R17 84WRp. 1.710.000
205/40R17 84WRp. 1.692.000
215/40R17 87YRp. 1.722.000
225/45R17 91YRp. 1.800.000
A DRIVE AA 01
195/50R15Rp. 880.423
195/55R15Rp. 829.630
205/65R15Rp. 948.148

Mr. Fins On 0 Comments

BanUmur ban dari suatu kendaraan banyak ditentukan oleh berbagai macam faktor salah satunya seperti kondisi jalanan, keagresifan ketika mengemudi dan juga kondisi cuaca. Ketika kita mau membeli ban baru ada beberapa hal yang patut untuk diperhatikan agar nantinya tidak kecewa setelah membelinya. Dan yang terpenting adalah mengidentifikasi ban mana yang terbaik untuk kendaraan kita dan juga tata cara mengemudi kita.






BAN MOBIL BERPENUMPANG
Pemilihan ban mobil berpenumpang tergantung dari bagaimana cara kita mengemudi dan performa yang kita inginkan. Berikut adalah jenis-jenis ban mobil yang biasa dipergunakan.

All-season :
 ada dalam berbagai macam ukuran mulai dari untuk mobil kecil sampai dengan SUV dan juga pick-up. Ban-ban jenis ini cocok untuk mereka yang ingin memakainya sampai dengan tahunan (pemakaian jangka panjang) dan untuk pengendaraan yang nyaman.

Performance all-season : 
ban jenis ini memiliki speed rating yang lebih tinggi dibandingkan dengan ban standar all-season. Untuk ban jenis ini biasanya memberikan handling serta pengereman yang lebih baik, dan biasanya mempunyai profil yang lebih rendah (tinggi dari dinding sisi ban lebih pendek) dan footprint yang lebih lebar untuk aplikasi yang lebih sporty.

Ultra performance :
 biasanya ban jenis ini dipergunakan untuk mobil-mobil sedan atau sporty. Ban jenis ini didesain untuk memberikan memberikan handling yang mantap dan steering yang responsif dalam kondisi jalan kering atupun basah, tetapi untuk umur pemakaian biasanya lebih pendek tetapi semuanya sangat dipengaruhi oleh pemakaian.

BAN TRUK-SUV

Truk dan SUV biasanya membutuhkan ban-ban yang spesial, karena ukurannya yang lebih besar, dinamis. Berikut adalah jenis ban yang dipergunakan untuk truk dan SUV.

All-season truck :
 ban jenis ini tepinya membulat dan sangat bagus untuk on-road driving. Ban jenis ini dirancang untuk menampilkan performa yang baik untuk segala macam kondisi.

All-terrain : 
ban jenis ini dipergunakan untuk meratakan jalan dan juga untuk jenis off-road ringan. Ban jenis ini diberi tambahan traksi untuk jalanan yang tidak rata dan juga bersalju.

Bagaimana Cara Memilihnya

Utamakan Keselamatan.

Carilah ban yang mengutamakan keamanan yaitu ban yang baik pada saat dipakai dalam tes pengereman, handling dan mempunyai daya tahan untuk hydroplaning (pembetukan lapisan air antara ban dan permukaan jalan). Biarkan tread wear, kenyamanan mengemudi, suara-suara, dan daya tahan perputaran menjadi nilai tambah saja.

Bacalah petunjuk yang diberikan

Jaminan yang diberikan oleh pabrik untuk ban-ban mereka adalah jaminan penggantian kerugian apabila ban mengalami kerusakan dalam jarak tempuh yang mereka janjikan.
semakin jauh jarak tempuh yang ada pada ban, semakin kecil nilai penggantiannya. Kebanyakan jaminan untuk ban hanya mencakup kerusakan yang terjadi karena pengunaan secara regular dan tidak mencakup kerusakan yang dikarenakan lubang dijalanan ataupun bahaya yang terjadi dijalanan.

Kenali ukuran ban.

Untuk mengetahui tipe dan ukuran ban yang direkomendasikan oleh manufaktur kendaraan, cek pada bagian plakat yang ada di doorjamb atau laci mobil, pada penutup bahan bakar, atau dibuku panduan pemilik.

Sebagai contoh mengambil ukuran ban P205/55R16 94V. P (Passenger) adalah prefix yang mengacu pada ban mobil penumpang, walaupun banyak juga truk berukuran ringan yang memakai kode ini juga. LT (Lite Truck) mengacu untuk ban yang biasanya digunakan pada truk yang beratnya sedang, ST (Special Trailer) untuk mobil trailer, T (Temporary) untuk ban cadangan.

205 merupakan lebar cross-section ban dalam ukuran millimeter, dan 55 adalah rasio tinggi didnding samping ban dengan lebar cross-section (55 persen). R berarti radial-ply construction. Dan 16 adalah diameter velg yang cocok untuk ban tersebut dalam satuan inci. 94 mengacu pada kapasitas muatan maksimum ban. Sedangkan huruf V adalah rata kecepatan yang mengindikasikan kecepatan maksimum yang bisa dicapai, dalam hal ini sampai dengan149 mph. Lihat tabel di bawah untuk lebih jelasnya.

Mr. Fins On 0 Comments

. Bibir Velg

Pastikan kondisi bibir velg bebas dari pecah dan benjol (peyang, red). Perlu diwaspadai, velg dengan diameter besar rawan pecah jika menggunakannya kurang hati-hati. Jika benjolnya susah untuk dideteksi secara kasatmata, gunakan mesin balancing. Untuk memeriksa velg yang masih terpasang ban, sebaiknya ban dilepaskan dahulu untuk mempermudah pengecekan.

Pemakaian velg peyang akan mengurangi kenyamanan dalam berkendara. Namun, jika kita tetap ingin membelinya karena alasan sudah kepincut dengan desainnya, bisa diakali dengan di-press di bengkel khusus velg. Semakin besar dimensi velg, semakin tinggi ongkosnya.

2. Bekas Bubutan


Masih seputar bibir velg, periksa juga apakah ada bekas bubutan. Kondisi tersebut bisa dilihat berupa garis-garis pada bibir velg. Jika Anda menemui bekas tersebut, berarti velg pernah bengkok atau peyang. Sebab, salah satu cara untuk membenahi velg yang telah bengkok, selain di-press juga dengan cara dibubut. Jadi, bekas bubutan itu pasti terlihat.

Selain itu, perhatikan juga offset-nya. Jangan sampai juga ada bekas garis-garis bubutan. Sebab jika sudah dibubut, berarti offset velg tersebut sudah berubah dari kondisi aslinya.

3. Cat Ulang Atau Overspet
Telitilah cat atau lapisan luar velg. Andaikan dilapis krom, maka warna krom yang asli akan lebih mengkilap dibandingkan dengan krom polesan. Jika velg dicat, warna velg harus merata dan sesuai aslinya. Untuk mengetahui apakah velg tersebut pernah dicat ulang, bisa dilihat dari emblem atau cetakan merek pada velg tersebut.

Jika sudut cetakan terlihat 'tajam', maka kemungkinan besar cat velg tersebut masih asli. Namun, tak bisa dipungkiri, untuk hal ini diperlukan orang yang hafal dan sudah terbiasa 'bermain' dengan velg. Perlunya kita mencermati hal ini adalah untuk menghindari overspet yang bertujuan untuk menyembunyikan cacat yang dimiliki oleh velg. Jadi, jangan tertipu oleh penampilan cat yang 'kinclong'.

Mr. Fins On 0 Comments

Ban dibagi dalam 2 jenis yaitu standar dan tubles. Ban standar biasa digunakan untuk muatan barang atau angkutan umum yg bebannya lebih banyak.Karena lapisan dalamnya memakai benang, ban standar masih harus memakai ban dalam untuk menahan kena paku atau bocor di jalan. Sedangkan ban tubles digunakan untuk mobil pribadi. Karena terbuat dari lapisan kawat dan tidak perlu memakai ban dalam, ban tubles memiliki kelebihan pada saat bocor, tidak akan langsung kempes total kelemahannya kawat cepat berkarat. 

Waktu yang tepat mengganti ban mobil adalah:

1. Saat ban telah Aus dimana ban sudah tipis.
2. Setelah 5 tahun, ban harus ganti walaupun masih terlihat bagus atau kembangannya masih tebal karena dipastikan karetnya kering.
3. Setelah menempuh km 50.000.
4. Saat ban aus sebelah atau kawat ban terlihat, ini sangat berbahaya sekali karena bisa mengakibatkan ban bocor atau bahkan meledak. 

Keadaan Ban yang sudah tidak bagus sangat berbahaya, jadi segeralah ganti ban mobil anda jika anda merasa memang sudah waktunya ganti.

Mr. Fins On 0 Comments

Pada komponen itulah keselamatan, pengendalian, akselerasi, pengereman dan berapa luas area tapak ban yang menempel pada jalan akan memberikan keamanan pada pengendara.

Hal ini penting manakala kita akan mengganti ban kendaraan entah itu modifikasi atau karena ban aus, ini yang harus diperhatikan. Pada saat kita akan mengganti ban kendaraan, biasanya kita hanya mengatakan ukuran ban yang akan kita ganti atau beli, misal ukuran 2.75-17 atau 100/90-18. Karena parameter itu menunjukan ukuran lebar, tebal dan diameter, tetapi sesungguhnya masih banyak kode maupun symbol yang harus bikers ketahui agar mendapat ban yang sesuai dengan spesifikasi yang dinginkan serta mengetahui batasan-batasan yang aman untuk pemakaian.

Kita simak dari bagian yang paling umum dahulu untuk standar sebuah ban. 



UKURAN BAN.
Ukuran ban biasanya menggunakan sistem metrik (metric system) atau sistem inci (inch system). Sebagai ilustrasi misal ban mempunyai kode: 100/90-18, dan 2.50-17

bagaimana membacanya?

Ban 100/90-18 ini menggunakan sistem metrik maksud angka pertama adalah ukuran lebar ban, angka kedua setelah garis miring (/) adalan rasio dalam persen antara lebar dan tinggi ban dan angka ketiga setelah tanda – adalah diameter pelek/velg. Jadi ukuran ban dengan kode 100/90-18 jika diterjemahkan adalah lebar ban 100 mm, tinggi ban 90% x 100= 90 mm dan diameter dalam ban atau ukuran velg/rim 18 inchi.

Ban 2.50-17 menggunakan sistem inci jadi ukuran ban adalah lebar 2.5 inchi jika diubah menjadi mm, 1 inch = 2.54 jadi lebar ban 63.4 mm, tinggi ban karena angka kedua setelah garis miring tidak ada dianggap rasionya 100% jadi tingginya 2.50 inchi dan diameter dalam ban 17 inchi atau ukuran pelek/rim 17 inchi.

UMUR PRODUKSI.
Disalah satu sisi ban biasanya tercetak kode empat angka yang menunjukan kapan ban diproduksi. Misalnya, 2108 angka tersebut dapat dibaca dua angka pertama menunjukan minggu, dua angka terakhir tahun pembuatan. Jadi kode di atas adalah ban diproduksi pada minggu ke-21 tahun 2008. Kode usia produksi perlu diperhatikan jadi dapat berapa lama ban tersimpan, yang dikuatirkan akan berpengaruh terhadap performa ban itu sendiri

KODE BAN DEPAN ATAU BELAKANG.
Untuk kode pemakaian ban depan atau ban belakang biasanya di tulis dengan huruf (alphabet) kode “F” front berarti ban tersebut untuk ban depan sedangkan “R” rear ban tersebut untuk ban belakang. Biasanya ada perbedaan bentuk kembangan/pattern ban depan dan belakang dikarenakan fungsinya yang berbeda untuk ban depan sebagai kemudi dan jika hujan harus bisa mengalirkan air makanya ban depan biasanya mempunyai alur air. Sedangkan ban belakang fungsi untuk menggerakan maka membutuhkan torsi yang besar sehingga traksi sangat dibutuhkan makanya ban belakang biasanya ukuran lebih besar dan tidak mempunyai alur air.
Tetapi kadang kita juga suka menjumpai ban belakang mempunyai alur air hanya beda ukuran lebih besar saja.

KODE KECEPATAN MAKSIMUM.
Kode kecepatan maksimun ditulis dengan kode huruf, yang menunjukan batas
maksimal sebuah ban dipacu terus selama 1 jam dengan membawa beban sesuai spesifikasi standar.
Tabel kecepatan maksimum (Km/jam) 



Contoh kasus : ban skutik Honda Beat merek Federal kode 80/90-14 M/C 40P. Huruf P yang ada dibelakang angka (40P) itu yang menunjukan kecepatan maksimal. Sesuai table di atas P adalah menunjukan maksimun kecepatan 150 km/jam.

KODE COMPOUND YANG DIGUNAKAN.
Kode Compound ban ditulis dengan kode huruf, yang menunjukan ban itu
mempunyai kompon yang lunak sampai yang keras. Kode “S” soft menunjukan
compound lunak, “M” medium menunjukan compound sedang dan “H” hard berarti compound ban keras. Pemilihan kompon ban tergantung dari kebutuhan misal untuk road race biasanya menggunakan kompon soft dimana ban dengan kompon soft lebih empuk dan lengket menempel pada aspal tetapi karena sifatnya lunak maka ban akan cepat habis. Sedangkan medium biasanya dipakai untuk sehari hari.
Jika ban merek Batllax dengan kode BT 92 F Radial 120/70 R17 M/C 54H, kode M/C itulah yang menunjukan compound ban sedang.

ARAH ROTASI BAN.
Arah rotasi atau perputaran ban ditunjukan dengan tanda panah (Arrow), pemasangan ban harus sesuai dengan arah panah hal ini karena arah kembangan ban akan sempurna menempel pada aspal, atau mengalirkan air pada jalan basah serta
mendapatkan traksi yang baik. Jika pemasangan terbalik ban tidak akan menempel pada jalan dan traksinya kurang baik sehingga ban terasa lebih licin yang bisa membahayakan pengendara.

BEBAN MAKSIMUM BAN.
Indikasi beban maksimum yang dapat ditahan oleh ban dalam keadaan dingin
biasanya dicantumkan dalam diding ban. Ada yang tertulis langsung bebanya ada juga yang menggunakan indek angka.
Tertulis langsung misal tertulis Max. Load 212 kg (467 LBS) AT 280 KPa (41 Psi) Cold dapat dibaca: ban tersebut menahan beban maksimum 212 kg atau 467 lbs dengan tekanan angin maksimal 41 psi dalam keadaan dingin (kendaraan tidak dipakai)

Menggunakan Indek angka:
(73W) V280 angka 73 adalah angka indek yang mempunyai standar beban maksimal 365 kg.
dibawah ini table indeks beban maksimum (kg).

• 30= 106, 31=109, 32=112,33=115, 34=118, 35=121, 36=125, 37=128,
38=132,39=136
• 40=140, 41=145, 42=150, 43=155, 44=160, 45=165, 46=170, 47=175,
48=180, 49=185
• 50=190, 51=195, 52=200, 53=206, 54=212, 55= 218, 56=224,57=230,
58=236, 59=243


TIPE BAN.
Pada sisi dinding ban biasanya dicantumkan pula tipe dari ban tersebut misal TT = Tube Type atau TL = Tubeless. Ban tube type artinya ban tersebut ban yang menggunakan ban dalam, sedang tubeless atau radial sudah tidak memerlukan ban dalam lagi.

SIMBOL SEGI TIGA.
Simbol segi tiga disebut Thread Indication (TWI) atau indicator batas pemakaian.
Gambar segitiga pada sisi dinding ban merupakan batas akhir dari grip atau alur ban, jika alur ban sudah terkikis habis atau sdudah tipis karena pemakaian maka ban tersebut harus diganti karena sudah tidak aman lagi.

SIMBOL GARIS WARNA.
Simbol garis warna ini ada pada lapisan kembangan yang belum pernah dipakai untuk menandakan ban tersebut masih baru. Karena lapisan ban ini paling luar pada kembangan/pattern maka jika ban lama dipakai akan habis. Garis warna ada yang satu tetapi ada juga yang lebih dari satu warna, dan tiap pabrikan biasanya mempunyai warna berbeda missal putih, merah, kuning, biru dan hijau.

SIMBOL BALANCE.
Simbol balance biasanya berupa bulatan pada dinding ban, tanda bulat dengan warna berbeda-beda tiap pabrikan misal kuning, merah ataupun biru. Tanda balance ini harus diperhatikan saat pemasangan ban, karena itulan titik paling ringan dari tiap ban, di titik itu pula posisi pentil harus sejajar. Karena pentil ban merupakan titik berat dari ban.

STRUKTUR BAN.
Tidak semua pabrikan ban mencantumkan struktur ban, tetapi untuk pabrikan ban dengan kualitas baik biasanya mencantumkannya. Misal: Tread: 4 nylon, side wall: 2 nylon

- Tread adalah bagian tapak ban yang langsung bersinggungan dengan aspal, harus
kuat terhadap benturan, tusukan yang dapat merusak ban. memberikan daya lengket
ke aspal dan daya tahan ban karena gesekan. Jadi Tread ban tersebut terdiri 4 lapisan
nylon.
- Side wall adalah bagian dinding samping kiri dan kanan ban. Berfungsi sebagai
penopang ban.Jadi side wall ban tersebut terdiri 2 lapisan nylon.

Mr. Fins On 0 Comments

Jika Anda pemilik kendaraan bermotor, baik itu roda dua, tiga, empat atau lebih, sebaiknya selalu periksa kondisi ban kendaraan sebelum mengendarainya. Kondisi ban pada kendaraan bermotor, sangat berpengaruh pada keselamatan pengendara. Jadi jangan berkompromi dengan kondisi ban yang sudah tidak layak pakai alias gundul, karena urusannya sama taruhan nyawa.

Sebenarnya sangat mudah untuk menentukan apakah kondisi ban pada kendaraan masih layak pakai atau tidak. Kenali ban dengan melihat petunjuk TWI (Thread Wear Indicator), jadikan sebagai patokan. Lalu, ukur ketebalan alur (kembangan) menggunakan penggaris dari dasar alur. Bila tingginya kurang dari 2 mm maka sebaiknya ban tersebut segera diganti.

Mengganti ban sebaiknya dilakukan secara bersamaan pada keempat roda, namun jika ban yang perlu diganti hanya sebagian saja, pastikan ukuran, konstruksi dan jenis ban sama dengan ban pada keseluruhan rodanya. Mengganti ban gundul dengan ban baru diperlukan biaya yang tidak sedikit bagi yang memiliki uang pas-pasan. Terlebih lagi bila yang digunakan ban berjenis radial, yang harganya lebih mahal dibandingkan dengan ban biasa (standar).


Quote:
Jika kondisi keuangan tidak memungkinkan untuk mengganti ban lama dengan yang baru, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan menggantinya dengan ban second alias ban bekas. Tapi, untuk mengganti ban lama Anda yang sudah gundul dengan ban bekas perlu kecermatan dan kehati-hatian. Karena jika salah pilih, bukannya untung yang didapat tetapi malah buntung. Sebaiknya kenali dulu jenis-jenis ban bekas yang beredar di toko ban bekas.
Bila dilihat dari jenisnya, ban bekas dapat dibagi menjadi dua yaitu ban bekas orisinil dan batikan. Ban bekas orisinil bisa dilihat dari polanya yang masih bagus. Ban bekas orisinil kondisinya sekitar 70%-90% dari baru. Sedangkan ban bekas polanya merupakan hasil batikan penjual ban bekas untuk membuat kembali pola yang sudah pupus. Biasanya ban bekas yang dibatik kondisinya 30% dari baru.

Selain ban bekas orisinil dan batikan, ada juga ban bekas yang telah dilakukan penambahan karet kembangannya, atau lazim disebut ban vulkanisir. Tapi kebanyakan ban vulkanisir hanya dipakai pada mobil-mobil besar seperti bus dan truk. Apabila mobil pribadi menggunakan ban vulkanisir, laju kendaraan kurang stabil dan jalannya sedikit bergoyang.

Kualitas ban vulkanisir, tergantung pada kualitas karet tambahan. Semakin bagus kualitas karet tambahan maka daya rekat karet dengan ban semakin kuat, berpengaruh pada umur pemakaian dan penggunaan ban bekas paling lama sekitar tujuh bulan.